T.A 2020 Dinsos Nisel Anggarkan Dana Bantuan Panti Asuhan

  • Whatsapp

Nias Selatan, Deliknews – Setelah dibahas secara bersama – sama oleh Komisi II DPRD Kabupaten Nias Selatan, beberapa program unggulan Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan pada Tahun 2020, disepakati Sebesar 4 Milyar. diantaranya bantuan dana di beberapa Panti Asuhan yang ada di Kota Telukdalam Kabupaten Nias Selatan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Nisel Asazatulo Giawa didamping Wakil Ketua Komisi II DPRD Nisel Nurlimawati Loi, Sekretaris Komisi II DPRD Nisel Kristian Laia, Kabag Hukum dan Risalah DPRD Kabupaten Nias Selatan

Pada kesempatan itu, turut dihadiri olehbKepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan, Intansani Haria, saat berlangsungnya konferensi Pers, Jumat (14/11/2019) di Ruang Media Center DPRD Kabupaten Nias Selatan.

“Adapun beberapa Program tersebut, yakni : Program pemberdayaan fakir miskin, komunitas adat terpencil dan penyandang masalah kesejahteraan Sosial (PMKS)”.

“Program pelayanan dan rehabilitasi kesejahteraan Sosial yaitu pembentukan dan pelatihan kampung siaga bencana”.

“Selain itu, program pembinaan anak terlantar yaitu pengembangan bakat dan ketrampilan anak terlantar”.

“Program pembinaan para penyandang cacat dan trauma yaitu jaminan sosial bagi penyandang cacat berat”.

“Dan program pembinaan IKS penyandang penyakit kerja, narkoba dan penyakit sosial lainnnya yaitu optimalisasi fungsi lembaga fasilitasi kesejahteraan keluarga “, urai Asazatulo Giawa.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan, Intansani Haria mengatakan bahwa terkait masyarakat penerima bantuan dari Pemerintah Pusat, seperti : Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP),Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan lain sebagainya, Pemerintah Desa memberikan data yang akurat.

Dengan ada program Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial – Neks Generation (SIKS-NG) dapat benar-benar mendata keluarga yang kurang mampu atau cacat. Sehingga setiap bantuan dari Pemerintah tepat sasaran, cetus Intansani Haria.

Selain itu, ada beberapa upaya Bupati Nias Selatan Dr. Hilarius Duha, SH., MH melalui Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan pada Tahun 2020, antara lain : Dana Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan perolehan Gas bersubsidi melalui Kementerian.

Oleh karena itu, kita berharap agar pada Tahun 2020 nanti, pemerintah pusat dapat mengabulkannya dan dapat terealisasi, harap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Nias Selatan, Intansani Haria. (Sabar Duha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *